Ma'had Sabilul Qur'an

Membangun Generasi Qur’ani

Ust Ubaidillah Al Ihror

Anak merupakan amanah yang Allah titipkan kepada orang tua, sehingga sudah semestinya untuk memberikan yang terbaik untuk anak terlebih untuk masa depan mereka. Diantara yang harus dipikirkan adalah masa depan mereka akan menjadi apa? Bagaimana mereka kedepannya? Apa yang akan ditanamkan kepada mereka untuk bekal mereka dimasa depan? Maka perlu untuk orang tua memperhatikan pendidikan anak-anaknya.

Islam sangat memperhatikan dan menekankan pendidikan. Buktinya, ketika ayat pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah perintah untuk membaca yang merupakan jendela akan ilmu pengetahuan. Dan hal ini sangat ditekankan kepada para sahabatnya sehingga sistem ini diikuti oleh orang-orang setelahnya.

Sejarah mencatat bahwa awal yang mereka pelajari adalah Al-Qur’an. Maka tak heran mereka disebut dengan sebaik-baik generasi sebagaimana telah disebutkan dalam hadits shahih “sebaik-baik manusia ialah pada generasiku, kemudian generasi berikutnya, kemudian generasi berikutnya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Apakah kejayaan islam cukup hanya dengan membaca dan menghafalkan Al-Qur’an saja? Tentu saja tidak karena tujuan Al-Qur’an diturunkan adalah untuk ditadaburi dan diamalkan kandungannya sehingga akan memberikan pengaruh yang besar untuk orang yang mengamalkannya. Maka dengan mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkan kandungannya akan melahirkan generasi yang kokoh imannya yang siap menghadapi masa depan yaitu generasi Al-Qur’an.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×